Sunday 8 December 2013

PENGUSAHA MUDA INDONESIA


2013

ESQ Business School

Bagas Gumilang
1310111022


[support technology]
Title : Pengusaha Muda Indonesia | UAS









Pengusaha Muda solusi Bangsa ini
Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi salah satu kekuatan perekonomian dunia, tidak hanya asia. Begitu yang diramalkan lembaga dan pakar-pakar ekonomi local dan internasional, beberapa faktanya yaitu : Dalam 4-5 tahun ini Pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil cenderung meningkat, 60% pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan produkfitas, tingkat kelahiran yang pesat juga berpengaruh dalam hitung-hitunganya 2030 penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk muda yang tentunya produktif, jadi saat tahun 2030 pemimpin,pengusaha,politisi,pegawai dan sebagainya didominasi oleh usia 40 tahun kebawah, bisa dibayangkan jika adik-adik di bawah kita diberikan edukasi sejak dini tentang jiwa-jiwa entrepeunur maka saya optimis Indonesia akan menjadi macan dunia, dan kiblat ekonomi Dunia akan berada pada Indonesia.

 

Tantangan bagi Si Muda


Namun untuk mencapai itu masih banyak pekerjaan rumah, seperti masalah pembinaan,memperbaiki dan meningkatkan kualitas birokrasi,penegakan hukum,kualitas pendidikan, kondisi infrakstruktur, penguasaan teknologi dan inovasi serta kemampuan daya saing .
Jika kondisi birokrasi dan hukum Indonesia saat ini masih didominasi tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme ini menjadi tantangan terberat bagi calon Pengusaha Muda Indonesia, bayangkan saja  seperti contoh berikut, ketika nanti ada proyek  tender pembangunan infrakstruktur anak muda yang belum memiliki modal materi yang kuat tapi membunya visi&misi serta kinerja yang baik akan kalah dengan yang lebih senior yang memiliki materi cukup banyak akan menyuap si pemberi tender dan memenangkan tender, tetapi dia tidak memiliki visi&misi serta kinerja kerja yang baik dan hasilnya proyek yang dia hasilkan tidak sesuai dengan harapan.
Penguasaan teknologi adalah hal yang utama yang harus dimiliki untuk menjadi pengusaha di zaman yang sudah modern ini, selain menjadi kebutuhan teknologi akan mempermudah pengusaha dalam berbagai bidang seperti marketing, teleconference, dan sebagainya.
Masih banyak yang akan menjadi tantangan para pengusaha muda, tetapi dengan semangat serta etos kerja serta komitmen yang kuat, Indonesia maju 2030 sudah di depan mata dan tinggal menunggu waktu.




Lahirnya Pengusaha muda

Pendidikan adalah hal yang paling penting dan utama untuk mengembangkan jiwa bisnis sedari muda, anak Indonesia didik untuk menjadi pegawai bukan pengusaha terbukti ketika lulus S1 sarjana baru akan berbondong bonding untuk mendaftar pns atau swasta, ini adalah hal yang salah.
Namun seiring berjalanya waktu, mindset tersebut mulai berangsur angsur ditinggalkan sekarang sering ada slogan yang mengatakan, “anak muda ga punya bisnis ga keren.” Itu merupakan slogan yang sangat membangun.
Tidak selamanya budaya konsumtif dan pengaruh globalisasi berdampak negative, hal tersebut malah menjadi dorongan sebagian anak muda untuk berfikir lebih kreatif, mereka menjadi berfikir ditengah tuntutan tersebut mereka mulai berbisnis fashion membuat produk produk seperti baju,sepatu,celana, topi dsb yang tidak kalah dibandingkan dengan produk-produk luar negeri yang selama ini membanjiri kebutuhan fashion anak muda.
Efek yang ditimbulkan sangat besar dan berantai banyak anak muda yang menjadi reseller dari produk-produk tersebut, pundi pundi uang pun dihasilkan, media social seperti facebook,twitter,instagram, blackberry massanger dan line menjadi media untuk berjualan.
Ditahun 2015 negera ASEAN akan termasuk Indonesia akan menghadapi ASEAN Economi Community yang artinya akan terjadi perdangangan bebas antara masyarakat ASEAN, yang artinya akan banyak produk-produk yang membanjiri Indonesia. Ini merupakan peluang bagi Indonesia, karena 55% penduduk Asia Tenggara ada di Indonesia. Pengusaha muda harus bisa memanfaatkan peluang ini sebaik baiknya.Kita bisa mengekspor barang buatan Indonesia ke Negara-negara ASEAN dengan mudah. Menurut pengamatan penulis sektor produk kreatif lah yang akan menjadi trand, selain budaya, ini lah kesempatan emas bagi Pengusaha Muda Indonesia.




 

Yang Muda Yang Berkarya

        Tercatat saat ini jumlah pengusaha muda di Indonesia menurut Kemenpora menembus angka 3,7 juta atau 1,5% jumlah penduduk di Indonesia, jika 1 pengusaha memberikan pekerjaan bagi 5 orang berati sudah memberikan 18,5 juta masyarakat Indonesia pekerjaan! Bayangkan jika setiap tahun tumbuh 0,5% maka ditahun 2030 menjadi 8% dan total akan ada sekitar 93,5 juta penduduk yang berkerja! Ini adalah angka optimis karena dari ke tahun jumlah pengusaha muda Indonesia semakin bertambah.
   

Mereka yang  sudah sukses di usia muda


Berikut ini adalah beberapa profil pengusaha muda di Indonesia yang sudah sukses
·         Andi Nata
Ia adalah seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia yang mengambil jurusan teknik Mesin. Sebuah upaya banting stir ia lakukan dengan mencoba menekuni bidang diluar yang sedang ia tekuni di kampusnya. Ia mencoba terjun di bisnis kuliner. Ia berbisnis masakan aqiqah identik dengan sate dan gulai kambing.
·         Fauzan Adhihima
Ia adalah pengusaha muda berikutnya asal Indonesia yang berbisnis pembuatan sepatu handmade shoes. Harga jual berkisar antara Rp 495.000-Rp 923.000 per pasang.
Selain memiliki toko ritel di Bandung, ia juga memasarkan sepatu buatannya itu ke berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Bali. Kini Fauzan meraup omzet Rp 50 juta setiap bulan, dengan margin keuntungan 10%-15% dari omzet. 
·         Reza Nurhilman (AXL)
Siapa yang tidak kenal dengan Maicih? Kripik pedas yang popular di kalangan remaja ini adalah ide kreatif dari Reza Nurhilman yang biasa disebut (AXL), sukses luar biasa berpihak kepada pemuda 25 tahun ini mempunyai income sebesar 1 milyar per bulan
·         Elang Gumilang
Pemuda berumur 25 tahun ini mempunyai bisnis yang mulia yaitu membuat rumah untuk masyarakat kurang mampu, tetapi dari bisnisnya tersebut Elang mampu mempunyai penghasilan 20 milyar per tahun.

Kesimpulan




Kita harus menghapus presepsi “masih muda,belum berpengalaman.” Pemuda adalah asset bangsa, bahkan kemerdekan Indonesia adalah peran segelintir pemuda yang pemberani, ini lah potensi para pemuda Indonesia yang dkenal kreatif,cerdas dan berani.
Pengusaha Muda adalah senjata yang harus di miliki bangsa ini untuk menghadapi isu ekonomi, mereka akan menjadi pilar kekuatan Bangsa Indonesia, ditengah permasalahan ekonomi Dunia. Semangat harus maju dan pasti bisa merupakan slogan kebanyakan Pengusaha Muda.
Lalu apa saja yang harus calon Pengusaha Muda? Bagi generasi kelahiran tahun 2000-2010  dapat dengan tekun belajar, perkuat bahasa asing dan tanamkan jiwa wirausaha. Dan bagi generasi 90an ini adalah masa-masa emas kita kita harus bisa melihat peluang dan mulai menjadi pengusaha. Perkuat pengetahuan kita tentang peta ekonomi global, aktif dan peka terhadap isu ekonomi, siap menghadapi perubahan, kuasai teknologi dan berkemampuan bertahan dalam persaingan bisnis
Kemajuan sebuah bangsa akan diukur dengan besarnya penghasilan per kapita dan kekuatan ekonomi yang dimilikinya, kita semua sebagai komponen Bangsa Indonesia harus bersatu untuk menghadapi dan memajukan Bangsa, yang muda harus lebih giat dan mempunyai mindset menjadi seorang pengusaha , tanamkan visi&misi yang jelas demi bangsa, yang tua memberikan contoh yang baik kepada yang muda dan memberikan kesempatan bagi yang muda. Penulis optimis jika hal tersebut sudah terjadi maka 2030 Indonesia akan mejadi sebuah bangsa yang besar dan menjadi kiblat perekonomian dunia.








Refrensi









No comments:

Post a Comment