|
2013
|
|
ESQ
Business School
Bagas Gumilang
1310111022
|
[
|
Title : Pengusaha Muda Indonesia | UAS
|
Pengusaha Muda solusi Bangsa ini
Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi
salah satu kekuatan perekonomian dunia, tidak hanya asia. Begitu yang
diramalkan lembaga dan pakar-pakar ekonomi local dan internasional, beberapa
faktanya yaitu : Dalam 4-5 tahun ini Pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil
cenderung meningkat, 60% pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan
produkfitas, tingkat kelahiran yang pesat juga berpengaruh dalam
hitung-hitunganya 2030 penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk muda yang
tentunya produktif, jadi saat tahun 2030 pemimpin,pengusaha,politisi,pegawai
dan sebagainya didominasi oleh usia 40 tahun kebawah, bisa dibayangkan jika
adik-adik di bawah kita diberikan edukasi sejak dini tentang jiwa-jiwa
entrepeunur maka saya optimis Indonesia akan menjadi macan dunia, dan kiblat
ekonomi Dunia akan berada pada Indonesia.
Tantangan bagi Si Muda
Namun untuk mencapai itu
masih banyak pekerjaan rumah, seperti masalah pembinaan,memperbaiki dan
meningkatkan kualitas birokrasi,penegakan hukum,kualitas pendidikan, kondisi infrakstruktur,
penguasaan teknologi dan inovasi serta kemampuan daya saing .
Jika kondisi birokrasi dan
hukum Indonesia saat ini masih didominasi tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme
ini menjadi tantangan terberat bagi calon Pengusaha Muda Indonesia, bayangkan
saja seperti contoh berikut, ketika
nanti ada proyek tender pembangunan
infrakstruktur anak muda yang belum memiliki modal materi yang kuat tapi
membunya visi&misi serta kinerja yang baik akan kalah dengan yang lebih
senior yang memiliki materi cukup banyak akan menyuap si pemberi tender dan
memenangkan tender, tetapi dia tidak memiliki visi&misi serta kinerja kerja
yang baik dan hasilnya proyek yang dia hasilkan tidak sesuai dengan harapan.
Penguasaan teknologi
adalah hal yang utama yang harus dimiliki untuk menjadi pengusaha di zaman yang
sudah modern ini, selain menjadi kebutuhan teknologi akan mempermudah pengusaha
dalam berbagai bidang seperti marketing, teleconference, dan sebagainya.
Masih banyak yang akan
menjadi tantangan para pengusaha muda, tetapi dengan semangat serta etos kerja
serta komitmen yang kuat, Indonesia maju 2030 sudah di depan mata dan tinggal
menunggu waktu.
Lahirnya
Pengusaha muda
Pendidikan adalah hal yang
paling penting dan utama untuk mengembangkan jiwa bisnis sedari muda, anak
Indonesia didik untuk menjadi pegawai bukan pengusaha terbukti ketika lulus S1
sarjana baru akan berbondong bonding untuk mendaftar pns atau swasta, ini
adalah hal yang salah.
Namun seiring berjalanya
waktu, mindset tersebut mulai berangsur angsur ditinggalkan sekarang sering ada
slogan yang mengatakan, “anak muda ga punya bisnis ga keren.” Itu merupakan
slogan yang sangat membangun.
Tidak selamanya budaya
konsumtif dan pengaruh globalisasi berdampak negative, hal tersebut malah
menjadi dorongan sebagian anak muda untuk berfikir lebih kreatif, mereka
menjadi berfikir ditengah tuntutan tersebut mereka mulai berbisnis fashion
membuat produk produk seperti baju,sepatu,celana, topi dsb yang tidak kalah
dibandingkan dengan produk-produk luar negeri yang selama ini membanjiri
kebutuhan fashion anak muda.
Efek yang ditimbulkan
sangat besar dan berantai banyak anak muda yang menjadi reseller dari
produk-produk tersebut, pundi pundi uang pun dihasilkan, media social seperti
facebook,twitter,instagram, blackberry massanger dan line menjadi media untuk
berjualan.
Ditahun 2015 negera ASEAN
akan termasuk Indonesia akan menghadapi ASEAN Economi Community yang artinya
akan terjadi perdangangan bebas antara masyarakat ASEAN, yang artinya akan
banyak produk-produk yang membanjiri Indonesia. Ini merupakan peluang bagi Indonesia,
karena 55% penduduk Asia Tenggara ada di Indonesia. Pengusaha muda harus bisa
memanfaatkan peluang ini sebaik baiknya.Kita bisa mengekspor barang buatan
Indonesia ke Negara-negara ASEAN dengan mudah. Menurut pengamatan penulis
sektor produk kreatif lah yang akan menjadi trand, selain budaya, ini lah
kesempatan emas bagi Pengusaha Muda Indonesia.
Yang
Muda Yang Berkarya
Tercatat saat ini jumlah pengusaha muda di Indonesia menurut
Kemenpora menembus angka 3,7 juta atau 1,5% jumlah penduduk di Indonesia, jika
1 pengusaha memberikan pekerjaan bagi 5 orang berati sudah memberikan 18,5 juta
masyarakat Indonesia pekerjaan! Bayangkan jika setiap tahun tumbuh 0,5% maka
ditahun 2030 menjadi 8% dan total akan ada sekitar 93,5 juta penduduk yang
berkerja! Ini adalah angka optimis karena dari ke tahun jumlah pengusaha muda
Indonesia semakin bertambah.
Mereka yang sudah sukses di usia muda
Berikut ini adalah beberapa profil pengusaha muda di
Indonesia yang sudah sukses
·
Andi Nata
Ia adalah
seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia yang mengambil jurusan teknik
Mesin. Sebuah upaya banting stir ia lakukan dengan mencoba menekuni bidang
diluar yang sedang ia tekuni di kampusnya. Ia mencoba terjun di bisnis kuliner.
Ia berbisnis masakan aqiqah identik dengan sate dan gulai kambing.
·
Fauzan Adhihima
Ia adalah
pengusaha muda berikutnya asal Indonesia yang berbisnis pembuatan sepatu handmade shoes. Harga jual berkisar antara Rp 495.000-Rp
923.000 per pasang.
Selain memiliki toko ritel di Bandung, ia juga memasarkan sepatu buatannya itu ke berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Bali. Kini Fauzan meraup omzet Rp 50 juta setiap bulan, dengan margin keuntungan 10%-15% dari omzet.
Selain memiliki toko ritel di Bandung, ia juga memasarkan sepatu buatannya itu ke berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Bali. Kini Fauzan meraup omzet Rp 50 juta setiap bulan, dengan margin keuntungan 10%-15% dari omzet.
·
Reza Nurhilman (AXL)
Siapa yang tidak kenal dengan Maicih? Kripik pedas
yang popular di kalangan remaja ini adalah ide kreatif dari Reza Nurhilman yang
biasa disebut (AXL), sukses luar biasa berpihak kepada pemuda 25 tahun ini
mempunyai income sebesar 1 milyar per bulan
·
Elang Gumilang
Pemuda berumur 25 tahun ini mempunyai bisnis yang
mulia yaitu membuat rumah untuk masyarakat kurang mampu, tetapi dari bisnisnya
tersebut Elang mampu mempunyai penghasilan 20 milyar per tahun.
Kesimpulan
Kita harus menghapus presepsi “masih muda,belum
berpengalaman.” Pemuda adalah asset bangsa, bahkan kemerdekan Indonesia adalah
peran segelintir pemuda yang pemberani, ini lah potensi para pemuda Indonesia
yang dkenal kreatif,cerdas dan berani.
Pengusaha Muda adalah senjata yang harus di miliki
bangsa ini untuk menghadapi isu ekonomi, mereka akan menjadi pilar kekuatan
Bangsa Indonesia, ditengah permasalahan ekonomi Dunia. Semangat harus maju dan
pasti bisa merupakan slogan kebanyakan Pengusaha Muda.
Lalu apa saja yang harus calon Pengusaha Muda? Bagi
generasi kelahiran tahun 2000-2010 dapat
dengan tekun belajar, perkuat bahasa asing dan tanamkan jiwa wirausaha. Dan
bagi generasi 90an ini adalah masa-masa emas kita kita harus bisa melihat
peluang dan mulai menjadi pengusaha. Perkuat pengetahuan kita tentang peta
ekonomi global, aktif dan peka terhadap isu ekonomi, siap menghadapi perubahan,
kuasai teknologi dan berkemampuan bertahan dalam persaingan bisnis
Kemajuan sebuah bangsa akan diukur dengan besarnya
penghasilan per kapita dan kekuatan ekonomi yang dimilikinya, kita semua
sebagai komponen Bangsa Indonesia harus bersatu untuk menghadapi dan memajukan
Bangsa, yang muda harus lebih giat dan mempunyai mindset menjadi seorang
pengusaha , tanamkan visi&misi yang jelas demi bangsa, yang tua memberikan
contoh yang baik kepada yang muda dan memberikan kesempatan bagi yang muda.
Penulis optimis jika hal tersebut sudah terjadi maka 2030 Indonesia akan mejadi
sebuah bangsa yang besar dan menjadi kiblat perekonomian dunia.
No comments:
Post a Comment